kecilkan semua  

Teks -- Ibrani 11:7-40 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
11:7 Karena iman, maka Nuh -- dengan petunjuk Allah tentang sesuatu yang belum kelihatan -- dengan taat mempersiapkan bahtera untuk menyelamatkan keluarganya; dan karena iman itu ia menghukum dunia, dan ia ditentukan untuk menerima kebenaran, sesuai dengan imannya. 11:8 Karena iman Abraham taat, ketika ia dipanggil untuk berangkat ke negeri yang akan diterimanya menjadi milik pusakanya, lalu ia berangkat dengan tidak mengetahui tempat yang ia tujui. 11:9 Karena iman ia diam di tanah yang dijanjikan itu seolah-olah di suatu tanah asing dan di situ ia tinggal di kemah dengan Ishak dan Yakub, yang turut menjadi ahli waris janji yang satu itu. 11:10 Sebab ia menanti-nantikan kota yang mempunyai dasar, yang direncanakan dan dibangun oleh Allah. 11:11 Karena iman ia juga dan Sara beroleh kekuatan untuk menurunkan anak cucu, walaupun usianya sudah lewat, karena ia menganggap Dia, yang memberikan janji itu setia. 11:12 Itulah sebabnya, maka dari satu orang, malahan orang yang telah mati pucuk, terpancar keturunan besar, seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut, yang tidak terhitung banyaknya. 11:13 Dalam iman mereka semua ini telah mati sebagai orang-orang yang tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, tetapi yang hanya dari jauh melihatnya dan melambai-lambai kepadanya dan yang mengakui, bahwa mereka adalah orang asing dan pendatang di bumi ini. 11:14 Sebab mereka yang berkata demikian menyatakan, bahwa mereka dengan rindu mencari suatu tanah air. 11:15 Dan kalau sekiranya dalam hal itu mereka ingat akan tanah asal, yang telah mereka tinggalkan, maka mereka cukup mempunyai kesempatan untuk pulang ke situ. 11:16 Tetapi sekarang mereka merindukan tanah air yang lebih baik yaitu satu tanah air sorgawi. Sebab itu Allah tidak malu disebut Allah mereka, karena Ia telah mempersiapkan sebuah kota bagi mereka. 11:17 Karena iman maka Abraham, tatkala ia dicobai, mempersembahkan Ishak. Ia, yang telah menerima janji itu, rela mempersembahkan anaknya yang tunggal, 11:18 walaupun kepadanya telah dikatakan: "Keturunan yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut keturunanmu." 11:19 Karena ia berpikir, bahwa Allah berkuasa membangkitkan orang-orang sekalipun dari antara orang mati. Dan dari sana ia seakan-akan telah menerimanya kembali. 11:20 Karena iman maka Ishak, sambil memandang jauh ke depan, memberikan berkatnya kepada Yakub dan Esau. 11:21 Karena iman maka Yakub, ketika hampir waktunya akan mati, memberkati kedua anak Yusuf, lalu menyembah sambil bersandar pada kepala tongkatnya. 11:22 Karena iman maka Yusuf menjelang matinya memberitakan tentang keluarnya orang-orang Israel dan memberi pesan tentang tulang-belulangnya. 11:23 Karena iman maka Musa, setelah ia lahir, disembunyikan selama tiga bulan oleh orang tuanya, karena mereka melihat, bahwa anak itu elok rupanya dan mereka tidak takut akan perintah raja. 11:24 Karena iman maka Musa, setelah dewasa, menolak disebut anak puteri Firaun, 11:25 karena ia lebih suka menderita sengsara dengan umat Allah dari pada untuk sementara menikmati kesenangan dari dosa. 11:26 Ia menganggap penghinaan karena Kristus sebagai kekayaan yang lebih besar dari pada semua harta Mesir, sebab pandangannya ia arahkan kepada upah. 11:27 Karena iman maka ia telah meninggalkan Mesir dengan tidak takut akan murka raja. Ia bertahan sama seperti ia melihat apa yang tidak kelihatan. 11:28 Karena iman maka ia mengadakan Paskah dan pemercikan darah, supaya pembinasa anak-anak sulung jangan menyentuh mereka. 11:29 Karena iman maka mereka telah melintasi Laut Merah sama seperti melintasi tanah kering, sedangkan orang-orang Mesir tenggelam, ketika mereka mencobanya juga. 11:30 Karena iman maka runtuhlah tembok-tembok Yerikho, setelah kota itu dikelilingi tujuh hari lamanya. 11:31 Karena iman maka Rahab, perempuan sundal itu, tidak turut binasa bersama-sama dengan orang-orang durhaka, karena ia telah menyambut pengintai-pengintai itu dengan baik. 11:32 Dan apakah lagi yang harus aku sebut? Sebab aku akan kekurangan waktu, apabila aku hendak menceriterakan tentang Gideon, Barak, Simson, Yefta, Daud dan Samuel dan para nabi, 11:33 yang karena iman telah menaklukkan kerajaan-kerajaan, mengamalkan kebenaran, memperoleh apa yang dijanjikan, menutup mulut singa-singa, 11:34 memadamkan api yang dahsyat. Mereka telah luput dari mata pedang, telah beroleh kekuatan dalam kelemahan, telah menjadi kuat dalam peperangan dan telah memukul mundur pasukan-pasukan tentara asing. 11:35 Ibu-ibu telah menerima kembali orang-orangnya yang telah mati, sebab dibangkitkan. Tetapi orang-orang lain membiarkan dirinya disiksa dan tidak mau menerima pembebasan, supaya mereka beroleh kebangkitan yang lebih baik. 11:36 Ada pula yang diejek dan didera, bahkan yang dibelenggu dan dipenjarakan. 11:37 Mereka dilempari, digergaji, dibunuh dengan pedang; mereka mengembara dengan berpakaian kulit domba dan kulit kambing sambil menderita kekurangan, kesesakan dan siksaan. 11:38 Dunia ini tidak layak bagi mereka. Mereka mengembara di padang gurun dan di pegunungan, dalam gua-gua dan celah-celah gunung. 11:39 Dan mereka semua tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, sekalipun iman mereka telah memberikan kepada mereka suatu kesaksian yang baik. 11:40 Sebab Allah telah menyediakan sesuatu yang lebih baik bagi kita; tanpa kita mereka tidak dapat sampai kepada kesempurnaan.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abraham a son of Terah; the father of Isaac; ancestor of the Jewish nation.,the son of Terah of Shem
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Barak a son of Abinoam in the days of the judges,son of Abinoam from Kedesh in Naphtali who defeated Sisera
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Esau a son of Isaac and Rebekah,son of Isaac & Rebekah; Jacob's elder twin brother,a people (and nation) descended from Esau, Jacob's brother
 · Firaun the king who ruled Egypt when Moses was born,the title of the king who ruled Egypt in Abraham's time,the title of the king who ruled Egypt in Joseph's time,the title of the king who ruled Egypt when Moses was born,the title of the king who refused to let Israel leave Egypt,the title of the king of Egypt whose daughter Solomon married,the title of the king who ruled Egypt in the time of Isaiah,the title Egypt's ruler just before Moses' time
 · Gideon a man who was the fifth major judge of 12th century Israel; the son of Joash,son of Joash of Abiezer of Manasseh; a judge of Israel
 · Ishak the only son of Abraham and Sarah; father of Jacob and Esau
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Laut Merah the ocean between Egypt and the Sinai Peninsula,the sea between Egypt and Arabia
 · Mesir descendants of Mizraim
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · Nuh a son of Lamech and the father of Shem, Ham, and Japheth,son of Lamech; builder of the ark,daughter of Zelophehad
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Mesir descendants of Mizraim
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Mesir descendants of Mizraim
 · Paskah a Jewish religious feast. It may also refer to the lamb sacrificed and eaten at the feast.
 · perempuan Mesir descendants of Mizraim
 · Rahab a woman inkeeper in Jericho who hid two Hebrew spies; ancester of Boaz and of Jesus,an English name representing two different Hebrew names,as representing the Hebrew name 'Rahab',poetic synonym for Egypt and or the exodus (IBD),the mythical monster of chaos, mainly to do with an unruly sea,as representing the Hebrew name 'Raxab', which has a velar fricative in the middle.,a woman of Jericho; wife of Salmon (Matt. 1:5)
 · Samuel son of Ammihud; Moses' land distribution deputy for Simeon,son of Tola son of Issachar
 · Sara the wife of Abraham and the mother of Isaac,daughter of Terah; wife of Abraham
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Mesir descendants of Mizraim
 · Simson a man who was a Hebrew judge noted for his supernatural strength,son of Manoah of Dan; a judge of supernatural physical strength
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"


Topik/Tema Kamus: Iman | Abraham | Nabi | Pendatang, Orang Asing | Sangkal, Penyangkalan Diri | Perang, Peperangan Orang-Orang Kudus | Ishak | Isak | Kota | Yakub | Yefta | Sara | Pengembara /Nomad | Nuh | Rahab | Gambaran, Teladan Kristus | Nubuat Tentang Kristus | Pahala Orang-Orang Kudus | Gideon | Janji Allah | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ibr 11:8 - KARENA IMAN ABRAHAM TAAT. Nas : Ibr 11:8 Iman dan ketaatan tidak dapat dipisahkan, sebagaimana halnya ketidakpercayaan dan ketidaktaatan juga tidak dapat dipisahkan (Ibr 3:1...

Nas : Ibr 11:8

Iman dan ketaatan tidak dapat dipisahkan, sebagaimana halnya ketidakpercayaan dan ketidaktaatan juga tidak dapat dipisahkan (Ibr 3:18-19;

lihat cat. --> Yoh 3:36).

[atau ref. Yoh 3:36]

Full Life: Ibr 11:10 - MENANTI-NANTIKAN KOTA. Nas : Ibr 11:10 Abraham mengetahui bahwa negeri perjanjian yang di bumi ini bukanlah menjadi akhir dari pengembaraannya. Sebaliknya, negeri itu men...

Nas : Ibr 11:10

Abraham mengetahui bahwa negeri perjanjian yang di bumi ini bukanlah menjadi akhir dari pengembaraannya. Sebaliknya, negeri itu menunjuk kepada kota sorgawi yang telah dipersiapkan Allah bagi hamba-hamba-Nya yang setia

(lihat art. PANGGILAN ABRAHAM).

Abraham merupakan panutan untuk seluruh umat Allah; kita harus menyadari bahwa kita hanya merantau di dunia ini dan sedang menuju ke rumah kita yang sesungguhnya di sorga. Di dalam hidup ini janganlah kita mencari keamanan mutlak atau terpesona oleh dunia yang sekarang (ayat Ibr 11:14,16; Ibr 13:14). Kita harus memandang diri kita sebagai orang asing dan pendatang di bumi ini. Bumi bukanlah tanah air kita, tetapi adalah negeri asing; akhir dari perantauan kita adalah "tanah air yang lebih baik" (ayat Ibr 11:16), "Yerusalem sorgawi" (Ibr 12:22), dan "kota yang akan datang" (Ibr 13:14).

Full Life: Ibr 11:13 - TIDAK MEMPEROLEH APA YANG DIJANJIKAN. Nas : Ibr 11:13 Orang-orang kudus PL mati dengan keyakinan bahwa Allah masih menyediakan sesuatu yang lebih baik bagi mereka. Mereka tidak melihat ...

Nas : Ibr 11:13

Orang-orang kudus PL mati dengan keyakinan bahwa Allah masih menyediakan sesuatu yang lebih baik bagi mereka. Mereka tidak melihat berkat terakhir yang dijanjikan kepada orang-orang tertebus pada saat mereka masih hidup. Pengharapan dasar mereka ialah hidup kekal bersama dengan Allah di tanah air sorgawi, dan mereka mengarahkan pandangan mereka pada kewarganegaraan mereka di langit baru dan bumi baru (ayat Ibr 11:13-16; bd. Yes 65:17; 66:22; Fili 3:20; Wahy 21:1). Orang-orang percaya pada dewasa ini juga harus bertekun dalam iman dan percaya pada Allah, bahkan ketika mereka tidak melihat semua janji Allah tergenapi selama hidup mereka. Allah berkenan akan iman yang mampu menyerahkan kembali janji-janji Allah kepada-Nya untuk digenapi sesuai dengan kehendak-Nya.

Full Life: Ibr 11:16 - ALLAH TIDAK MALU. Nas : Ibr 11:16 Mereka yang menghormati Allah dengan hidup sebagai "pendatang dan perantau" (1Pet 2:11) dan yang menginginkan suatu tanah air yang ...

Nas : Ibr 11:16

Mereka yang menghormati Allah dengan hidup sebagai "pendatang dan perantau" (1Pet 2:11) dan yang menginginkan suatu tanah air yang lebih baik akan mendapatkan kehormatan dari Allah ketika Ia bersedia disebut Allah mereka. Ia tidak akan malu untuk mengakui mereka sebagai anak-anak-Nya sendiri (bd. Kel 3:6).

Full Life: Ibr 11:25 - MENIKMATI KESENANGAN DARI DOSA. Nas : Ibr 11:25 Setiap orang percaya berkali-kali berhadapan dengan pilihan untuk menikmati kesenangan-kesenangan yang sementara dari dosa atau men...

Nas : Ibr 11:25

Setiap orang percaya berkali-kali berhadapan dengan pilihan untuk menikmati kesenangan-kesenangan yang sementara dari dosa atau menderita karena terus taat pada kehendak Allah

(lihat cat. --> Gal 5:17).

[atau ref. Gal 5:17]

Full Life: Ibr 11:35 - ORANG-ORANG LAIN MEMBIARKAN DIRINYA DISIKSA. Nas : Ibr 11:35 Allah mengizinkan beberapa orang anak-Nya yang setia mengalami penderitaan dan kesulitan yang hebat (lihat art. PENDERITA...

Nas : Ibr 11:35

Allah mengizinkan beberapa orang anak-Nya yang setia mengalami penderitaan dan kesulitan yang hebat

(lihat art. PENDERITAAN ORANG BENAR).

Sekalipun mereka menikmati kehadiran ilahi, Allah tidak meloloskan mereka semua dari penderitaan dan kematian (ayat Ibr 11:35-39).

  1. 1) Perhatikan bahwa karena iman beberapa orang "telah luput dari mata pedang" (ayat Ibr 11:34) dan beberapa yang lain "dibunuh dengan pedang" (ayat Ibr 11:37). Karena iman yang satu diselamatkan dan yang lain tetap gugur (bd. 1Raj 19:10; Yer 26:23; Kis 12:2). Iman yang sungguh-sungguh bukan saja membuat orang-orang percaya melakukan hal-hal yang besar bagi Allah (ayat Ibr 11:33-35), tetapi juga kadang-kadang membuat mereka mengalami penderitaan, penganiayaan, penindasan dan kemiskinan (ayat Ibr 11:35-39; bd. Mazm 44:23; Rom 8:36;

    lihat cat. --> Mat 5:10).

    [atau ref. Mat 5:10]

  2. 2) Kesetiaan kepada Allah tidak menjamin kesenangan hidup atau kelepasan dari penganiayaan di dalam dunia ini. Akan tetapi, kesetiaan kepada Allah menjamin bahwa kita akan memperoleh kasih karunia, pertolongan, dan kekuatan dari Allah pada saat-saat penganiayaan, pencobaan, atau penderitaan (bd. Ibr 12:2; Yer 20:1,7-8; 37:13-15; Yer 38:5; 2Kor 6:9).

Full Life: Ibr 11:38 - MEREKA MENGEMBARA DI PADANG GURUN DAN DI PEGUNUNGAN. Nas : Ibr 11:38 Orang-orang kudus yang setia kepada Allah menolak untuk menyesuaikan diri dengan standar-standar dunia yang rendah atau menikmati b...

Nas : Ibr 11:38

Orang-orang kudus yang setia kepada Allah menolak untuk menyesuaikan diri dengan standar-standar dunia yang rendah atau menikmati berbagai kesenangan yang dursila, dan sebagai gantinya mereka menerima cemoohan dan penderitaan dari dunia. Karena mereka menolak dunia, mereka juga ditolak oleh dunia. Sekalipun berkat-berkat dijanjikan bagi mereka yang setia di dalam PL (Ul 29:9; Yos 1:8), mereka harus menderita penganiayaan dan kemiskinan (ayat Ibr 11:35-39). Dalam PB orang-orang yang setia diajar untuk bersiap-siap menantikan kesengsaraan

(lihat cat. --> 2Tim 3:12),

[atau ref. 2Tim 3:12]

dikenali sebagai orang yang berhubungan dengan salib

(lihat cat. --> Mat 10:38;

lihat cat. --> Gal 2:20)

[atau ref. Mat 10:38; Gal 2:20]

dan mengikuti "seorang yang penuh kesengsaraan" (Yes 53:3; bd. Ibr 12:2).

Full Life: Ibr 11:40 - TANPA KITA MEREKA TIDAK DAPAT SAMPAI KEPADA KESEMPURNAAN. Nas : Ibr 11:40 Semua orang kudus PL meninggal tanpa menerima berkat-berkat dan janji-janji Allah sepenuhnya. Namun pada saat kematian dan kebangki...

Nas : Ibr 11:40

Semua orang kudus PL meninggal tanpa menerima berkat-berkat dan janji-janji Allah sepenuhnya. Namun pada saat kematian dan kebangkitan Kristus, Ia memperoleh keselamatan yang sempurna bagi mereka sehingga mereka akan menerima warisan mereka sepenuhnya bersama dengan kita di langit baru dan bumi baru (pasal Wahy 20:1-22:21).

BIS: Ibr 11:11 - Karena beriman ... mandul. Abraham Karena beriman ... mandul. Abraham: beberapa naskah kuno: Karena beriman, maka Sara bisa mengandung, meskipun dia terlalu tua untuk melahirkan anak. S...

Karena beriman ... mandul. Abraham: beberapa naskah kuno: Karena beriman, maka Sara bisa mengandung, meskipun dia terlalu tua untuk melahirkan anak. Sara ...

Jerusalem: Ibr 11:7 - menghukum dunia Kepercayaan Nuh kepada firman Allah menghukum kaum sezamannya yang tidak percaya dan bahkan mengejek; sama seperti orang benar menghukum orang fasik, ...

Kepercayaan Nuh kepada firman Allah menghukum kaum sezamannya yang tidak percaya dan bahkan mengejek; sama seperti orang benar menghukum orang fasik, bdk Wis 4:16; Mat 12:41; Ibr 11:17.

Jerusalem: Ibr 11:19 - seakan-akan telah menerimanya kembali Harafiah: menerimanya kembali sebagai perumpamaan. Maksudnya: diselamatkannya Ishak melambangkan kebangkitan badan umum di akhir zaman dan menurut seb...

Harafiah: menerimanya kembali sebagai perumpamaan. Maksudnya: diselamatkannya Ishak melambangkan kebangkitan badan umum di akhir zaman dan menurut sebuah tradisi lama dan tetap, Ishak juga melambangkan penderitaan dan kebangkitan Kristus.

Jerusalem: Ibr 11:23 - perintah raja Beberapa naskah dan terjemahan menambah di sini: Setelah menjadi dewasa ia karena iman membunuh orang Mesir itu karena melihat saudara-saudaranya dihi...

Beberapa naskah dan terjemahan menambah di sini: Setelah menjadi dewasa ia karena iman membunuh orang Mesir itu karena melihat saudara-saudaranya dihina, bdk Kel 2:11-12; Kis 7:24.

Jerusalem: Ibr 11:26 - karena Kristus Dalam Maz 89:52 "Kristus", "penghinaan Kristus" di sini ialah penghinaan umat Allah, Ibr 11:25, yang dikuduskan kepada Yahwe, Kel 19:6. Tetapi pengara...

Dalam Maz 89:52 "Kristus", "penghinaan Kristus" di sini ialah penghinaan umat Allah, Ibr 11:25, yang dikuduskan kepada Yahwe, Kel 19:6. Tetapi pengarang Ibrani mengartikan kata "Kristus" itu sebagai Kristus; karena imannya Musa menderita oleh karena Kristus. Bdk Ibr 2:10+; Ibr 10:33; 13:13.

Jerusalem: Ibr 11:37 - digergaji Menurut beberapa buku apokrip raja Manasye membuat nabi Yesaya mengalami siksaan itu. Banyak naskah menambah: dicobai.

Menurut beberapa buku apokrip raja Manasye membuat nabi Yesaya mengalami siksaan itu. Banyak naskah menambah: dicobai.

Jerusalem: Ibr 11:40 - kesempurnaan Zaman terakhir, ialah zaman "kesempurnaan", sudah dimulai oleh Kristus, Ibr 2:10; 5:9; 7:28; 10:14, dan olehNya sudah dibuka jalan menuju hidup sorgaw...

Zaman terakhir, ialah zaman "kesempurnaan", sudah dimulai oleh Kristus, Ibr 2:10; 5:9; 7:28; 10:14, dan olehNya sudah dibuka jalan menuju hidup sorgawi, Ibr 9:11 dst; Ibr 10:19 dst. Orang benar dari Perjanjian Lama yang tidak dapat "disempurnakan" oleh hukum Taurat, Ibr 7:19; 9:9; 10:1, harus menunggu kebangkitan Kristus sebelum dapat masuk ke dalam hidup sempurna di sorga, bIbr 12:23; bdk Mat 27:52 dst; 1Pe 3:19+.

Ende: Ibr 11:7 - Menghukum dunia membuktikan bahwa dunia berdosa terhadap Allah.

membuktikan bahwa dunia berdosa terhadap Allah.

Ende: Ibr 11:10 - Kota jang kukuh beralas Maksudnja tempat kediaman jang tetap dan indah, ganti perkemahan. Pengarang ingat akan Jerusalem, tetapi memandangnja disini sebagai lambang Jerusalem...

Maksudnja tempat kediaman jang tetap dan indah, ganti perkemahan. Pengarang ingat akan Jerusalem, tetapi memandangnja disini sebagai lambang Jerusalem abadi, ialah surga. Bdl. Ibr 12:22.

Ende: Ibr 11:13 - Tanpa memperoleh Mereka didunia ini tidak sampai menikmati kebenaran dan rahmat keradjaan Kristus. Mereka melihat itu hanja kabur-kabur dari djauh, tetapi mereka pertj...

Mereka didunia ini tidak sampai menikmati kebenaran dan rahmat keradjaan Kristus. Mereka melihat itu hanja kabur-kabur dari djauh, tetapi mereka pertjaja akan djandji Allah dan bahwa mereka pada achir zaman pasti memperoleh kenikmatan itu bersama dengan kita. Bdl. Ibr 11:39 dan Ibr 11:40.

Ende: Ibr 11:15 - Tanah asal ialah Ur di Kaldea (Mesopotamia) dari mana Abraham mengungsi atas perintah Allah.

ialah Ur di Kaldea (Mesopotamia) dari mana Abraham mengungsi atas perintah Allah.

Ende: Ibr 11:20 - Djauh didepan Terbajang didepan matanja karena kepertjajaannja bahwa djandji-djandji Allah akan diwudjudkan.

Terbajang didepan matanja karena kepertjajaannja bahwa djandji-djandji Allah akan diwudjudkan.

Ende: Ibr 11:26 - Jang diurapi Jang dimaksudkan dengan ungkapan itu disini bukan Kristus melainkan umat Israel, sebagai kaum jang dikuduskan oleh Allah mendjadi miliknja jang istime...

Jang dimaksudkan dengan ungkapan itu disini bukan Kristus melainkan umat Israel, sebagai kaum jang dikuduskan oleh Allah mendjadi miliknja jang istimewa.

Ende: Ibr 11:28 - Pertjikan darah jaitu pada pintu rumah-rumah orang-orang Israel mendjelang perdjalanannja dari Mesir ketanah terdjandji.

jaitu pada pintu rumah-rumah orang-orang Israel mendjelang perdjalanannja dari Mesir ketanah terdjandji.

Ende: Ibr 11:39 - -- Bandinglah Ibr 11:13 dan batjalah tjatatan disitu.

Bandinglah Ibr 11:13 dan batjalah tjatatan disitu.

Ref. Silang FULL: Ibr 11:7 - belum kelihatan // mempersiapkan bahtera // menyelamatkan keluarganya // dengan imannya · belum kelihatan: Ibr 11:1; Ibr 11:1 · mempersiapkan bahtera: Kej 6:13-22 · menyelamatkan keluarganya: 1Pet 3:20 · dengan...

· belum kelihatan: Ibr 11:1; [Lihat FULL. Ibr 11:1]

· mempersiapkan bahtera: Kej 6:13-22

· menyelamatkan keluarganya: 1Pet 3:20

· dengan imannya: Kej 6:9; Yeh 14:14,20; Rom 9:30; [Lihat FULL. Rom 9:30]

Ref. Silang FULL: Ibr 11:8 - milik pusakanya // ia berangkat · milik pusakanya: Kej 12:7 · ia berangkat: Kej 12:1-4; Kis 7:2-4

· milik pusakanya: Kej 12:7

· ia berangkat: Kej 12:1-4; Kis 7:2-4

Ref. Silang FULL: Ibr 11:9 - di tanah // di kemah // waris janji · di tanah: Kis 7:5 · di kemah: Kej 12:8; 18:1,9 · waris janji: Ibr 6:17

· di tanah: Kis 7:5

· di kemah: Kej 12:8; 18:1,9

· waris janji: Ibr 6:17

Ref. Silang FULL: Ibr 11:10 - menanti-nantikan kota // mempunyai dasar // oleh Allah · menanti-nantikan kota: Ibr 12:22; 13:14 · mempunyai dasar: Wahy 21:2,14 · oleh Allah: Ibr 11:16

· menanti-nantikan kota: Ibr 12:22; 13:14

· mempunyai dasar: Wahy 21:2,14

· oleh Allah: Ibr 11:16

Ref. Silang FULL: Ibr 11:11 - untuk menurunkan // sudah lewat // itu setia · untuk menurunkan: Kej 21:2 · sudah lewat: Kej 17:17-19; 18:11-14 · itu setia: 1Kor 1:9; 1Kor 1:9

· untuk menurunkan: Kej 21:2

· sudah lewat: Kej 17:17-19; 18:11-14

· itu setia: 1Kor 1:9; [Lihat FULL. 1Kor 1:9]

Ref. Silang FULL: Ibr 11:12 - mati pucuk // tepi laut · mati pucuk: Rom 4:19 · tepi laut: Kej 22:17

· mati pucuk: Rom 4:19

· tepi laut: Kej 22:17

Ref. Silang FULL: Ibr 11:13 - yang dijanjikan // dari jauh // bumi ini · yang dijanjikan: Ibr 11:39 · dari jauh: Mat 13:17; Mat 13:17 · bumi ini: Kej 23:4; Im 25:23; Fili 3:20; 1Pet 1:17; 2:11

· yang dijanjikan: Ibr 11:39

· dari jauh: Mat 13:17; [Lihat FULL. Mat 13:17]

· bumi ini: Kej 23:4; Im 25:23; Fili 3:20; 1Pet 1:17; 2:11

Ref. Silang FULL: Ibr 11:15 - untuk pulang · untuk pulang: Kej 24:6-8

· untuk pulang: Kej 24:6-8

Ref. Silang FULL: Ibr 11:16 - air sorgawi // tidak malu // Allah mereka // sebuah kota · air sorgawi: 2Tim 4:18 · tidak malu: Mr 8:38 · Allah mereka: Kej 26:24; 28:13; Kel 3:6,15 · sebuah kota: Ibr 11:10; Ibr ...

· air sorgawi: 2Tim 4:18

· tidak malu: Mr 8:38

· Allah mereka: Kej 26:24; 28:13; Kel 3:6,15

· sebuah kota: Ibr 11:10; Ibr 13:14

Ref. Silang FULL: Ibr 11:17 - dicobai, mempersembahkan · dicobai, mempersembahkan: Kej 22:1-10; Yak 2:21

· dicobai, mempersembahkan: Kej 22:1-10; Yak 2:21

Ref. Silang FULL: Ibr 11:18 - disebut keturunanmu · disebut keturunanmu: Kej 21:12; Rom 9:7

· disebut keturunanmu: Kej 21:12; Rom 9:7

Ref. Silang FULL: Ibr 11:19 - orang mati · orang mati: Rom 4:21; Yoh 5:21; Yoh 5:21

· orang mati: Rom 4:21; Yoh 5:21; [Lihat FULL. Yoh 5:21]

Ref. Silang FULL: Ibr 11:20 - ke depan · ke depan: Kej 27:27-29,39,40

· ke depan: Kej 27:27-29,39,40

Ref. Silang FULL: Ibr 11:21 - kedua anak · kedua anak: Kej 48:1,8-22

· kedua anak: Kej 48:1,8-22

Ref. Silang FULL: Ibr 11:22 - tentang tulang-belulangnya · tentang tulang-belulangnya: Kej 50:24,25; Kel 13:19; Yos 24:32

· tentang tulang-belulangnya: Kej 50:24,25; Kel 13:19; Yos 24:32

Ref. Silang FULL: Ibr 11:23 - ia lahir // akan perintah · ia lahir: Kel 2:2 · akan perintah: Kel 1:16,22

· ia lahir: Kel 2:2

· akan perintah: Kel 1:16,22

Ref. Silang FULL: Ibr 11:24 - puteri Firaun · puteri Firaun: Kel 2:10,11

· puteri Firaun: Kel 2:10,11

Ref. Silang FULL: Ibr 11:25 - menderita sengsara · menderita sengsara: Ibr 11:37

· menderita sengsara: Ibr 11:37

Ref. Silang FULL: Ibr 11:26 - menganggap penghinaan // karena Kristus // kepada upah · menganggap penghinaan: Ibr 13:13 · karena Kristus: Luk 14:33 · kepada upah: Ibr 10:35

· menganggap penghinaan: Ibr 13:13

· karena Kristus: Luk 14:33

· kepada upah: Ibr 10:35

Ref. Silang FULL: Ibr 11:27 - meninggalkan Mesir · meninggalkan Mesir: Kel 12:50,51

· meninggalkan Mesir: Kel 12:50,51

Ref. Silang FULL: Ibr 11:28 - supaya pembinasa // menyentuh mereka · supaya pembinasa: 1Kor 10:10 · menyentuh mereka: Kel 12:21-23

· supaya pembinasa: 1Kor 10:10

· menyentuh mereka: Kel 12:21-23

Ref. Silang FULL: Ibr 11:29 - Mesir tenggelam · Mesir tenggelam: Kel 14:21-31

· Mesir tenggelam: Kel 14:21-31

Ref. Silang FULL: Ibr 11:30 - tujuh hari · tujuh hari: Yos 6:12-20

· tujuh hari: Yos 6:12-20

Ref. Silang FULL: Ibr 11:31 - orang-orang durhaka · orang-orang durhaka: Yos 2:1,9-14; 6:22-25; Yak 2:25

· orang-orang durhaka: Yos 2:1,9-14; 6:22-25; Yak 2:25

Ref. Silang FULL: Ibr 11:32 - tentang Gideon // Barak // Simson // Yefta // Daud // dan Samuel · tentang Gideon: Hak 6:1-8:35 · Barak: Hak 4:1-5:31 · Simson: Hak 13:1-16:31 · Yefta: Hak 11:1-12:7 · Daud: 1Sam 1...

· tentang Gideon: Hak 6:1-8:35

· Barak: Hak 4:1-5:31

· Simson: Hak 13:1-16:31

· Yefta: Hak 11:1-12:7

· Daud: 1Sam 16:1,13

· dan Samuel: 1Sam 1:20

Ref. Silang FULL: Ibr 11:33 - menaklukkan kerajaan-kerajaan // mulut singa-singa · menaklukkan kerajaan-kerajaan: 2Sam 8:1-3 · mulut singa-singa: Dan 6:23

· menaklukkan kerajaan-kerajaan: 2Sam 8:1-3

· mulut singa-singa: Dan 6:23

Ref. Silang FULL: Ibr 11:34 - memadamkan api // mata pedang // beroleh kekuatan // mundur pasukan-pasukan · memadamkan api: Dan 3:19-27 · mata pedang: Kel 18:4 · beroleh kekuatan: 2Raj 20:7 · mundur pasukan-pasukan: Hak 15:8

· memadamkan api: Dan 3:19-27

· mata pedang: Kel 18:4

· beroleh kekuatan: 2Raj 20:7

· mundur pasukan-pasukan: Hak 15:8

Ref. Silang FULL: Ibr 11:35 - sebab dibangkitkan · sebab dibangkitkan: 1Raj 17:22,23; 2Raj 4:36,37

· sebab dibangkitkan: 1Raj 17:22,23; 2Raj 4:36,37

Ref. Silang FULL: Ibr 11:36 - dan didera // dan dipenjarakan · dan didera: Yer 20:2; 37:15 · dan dipenjarakan: Kej 39:20

· dan didera: Yer 20:2; 37:15

· dan dipenjarakan: Kej 39:20

Ref. Silang FULL: Ibr 11:37 - Mereka dilempari // dengan pedang // kulit kambing · Mereka dilempari: 2Taw 24:21 · dengan pedang: 1Raj 19:10; Yer 26:23 · kulit kambing: 2Raj 1:8

· Mereka dilempari: 2Taw 24:21

· dengan pedang: 1Raj 19:10; Yer 26:23

· kulit kambing: 2Raj 1:8

Ref. Silang FULL: Ibr 11:38 - dalam gua-gua · dalam gua-gua: 1Raj 18:4; 19:9

· dalam gua-gua: 1Raj 18:4; 19:9

Ref. Silang FULL: Ibr 11:39 - yang dijanjikan // suatu kesaksian · yang dijanjikan: Ibr 11:13; Ibr 10:36 · suatu kesaksian: Ibr 11:2,4

· yang dijanjikan: Ibr 11:13; Ibr 10:36

· suatu kesaksian: Ibr 11:2,4

Ref. Silang FULL: Ibr 11:40 - bagi kita // kepada kesempurnaan · bagi kita: Wahy 6:11 · kepada kesempurnaan: Ibr 2:10; Ibr 2:10

· bagi kita: Wahy 6:11

· kepada kesempurnaan: Ibr 2:10; [Lihat FULL. Ibr 2:10]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Ibr 11:4-16 - -- 2. Kehidupan Iman Tokoh-tokoh PL (11:4-16) Habel, sama seperti kita, mempunyai suatu "korban yang lebih baik." Dan kematianpun tidak dapat meniadaka...

2. Kehidupan Iman Tokoh-tokoh PL (11:4-16)

Habel, sama seperti kita, mempunyai suatu "korban yang lebih baik." Dan kematianpun tidak dapat meniadakan kesaksiannya. Ada tersirat di sini, bahwa kalau para pembaca menderita sampai dibunuh, pembunuhan itupun tidak dapat menghapus kesaksian mereka.

Henokh juga mempunyai iman yang kuat, dan dia juga memperoleh suatu kesaksian, tetapi dia tidak mati seperti Habel. Jadi mati karena kekerasan, atau terangkat oleh Tuhan Allah, sama-sama "berkenan kepada Allah." Ini sama dengan situasi para pembaca, dan situasi kita. Apa kita masih hidup pada kedatangan Tuhan Yesus, atau kita meninggal sebelum Dia kembali, tidak apa-apa karena kepada kita diberikan kesempatan yang sama dengan kesempatan Habel dan Henokh: kita boleh setia, kita boleh teguh beriman, dan memperoleh suatu kesaksian yang baik.

Hagelberg: Ibr 11:1--12:29 - -- IV. Bagian Ketiga: Tanggapan yang beriman (pasal 11:1-12:29) Jikalau surat ini menyerukan supaya para pembaca tetap percaya dan meneguhkan iman merek...

IV. Bagian Ketiga: Tanggapan yang beriman (pasal 11:1-12:29)

Jikalau surat ini menyerukan supaya para pembaca tetap percaya dan meneguhkan iman mereka, maka bagian ini sangat cocok dengan tujuan itu. Iman yang teguh merupakan tanggapan yang satu-satunya yang layak bagi kita yang sudah membaca pasal 1 sampai dengan pasal 10. Seperti biasa dalam surat ini, ada eksposisi (pasal 11) yang disusul dengan peringatan dan dorongan (pasal 12).

Pasal 11-12 menyuruh kita untuk meneguhkan iman kita oleh karena contoh tokoh-tokoh Israel dan oleh karena dahsyatnya hubungan kita dengan Tuhan.

Hagelberg: Ibr 11:17-40 - -- 3. Pengalaman Kehidupan Iman yang Bermacam-Macam (11:17-40) Pengalaman dari tokoh-tokoh Alkitab yang diceritakan di sini memang bermacam-macam. Ada ...

3. Pengalaman Kehidupan Iman yang Bermacam-Macam (11:17-40)

Pengalaman dari tokoh-tokoh Alkitab yang diceritakan di sini memang bermacam-macam. Ada yang "menderita sengsara," ada yang melihat runtuhnya "tembok-tembok Yerikho," ada juga yang "memadamkan api yang dahsyat," dan ada yang "digergaji." Tetapi semua yang diceritakan memiliki suatu unsur yang tetap, yaitu iman. Iman adalah pandangan hidup yang benar.

Kalau Abraham memandang hidupnya dengan tanpa iman, dan hanya memikirkan apa yang kelihatan, maka tidak mungkin dia rela mengorbankan anaknya yang tunggal. Ternyata dia memandang masalah itu dengan mata iman, sehingga dia berpikir Allah akan membangkitkan Ishak. Abraham percaya pada kuasa kebangkitan. Kita boleh meneladani dia, dan ikut memperoleh bagian yang indah di dalam kota yang diharapkannya.

Waktu mau meninggal, ketiga keturunan Abraham yang disebut dalam 11:17-22, Ishak, Yakub, dan Yusuf, memikirkan dengan iman masa depan umat Allah. Kita harus ingat betapa sedikitnya orang yang sudah lanjut usia, tetapi tetap memiliki iman yang teguh. Pengalaman yang pahit, dan sikap sinis, dapat menggerogoti iman yang dipunyai orang, sampai habis, atau sampai hidup keagamaan mereka menjadi hanya sekedar kebiasaan saja.

Dengan 11:23 kehidupan Musa diceritakan, dan hal perlawanan mulai ditangani oleh penulis surat ini. Orang tua Musa berani melawan perintah Firaun, karena iman mereka. Karena iman, maka mereka berani mengambil risiko hukuman yang berat sekali. Ini perlu juga diteladani oleh orang tua pada masa para pembaca pertama, dan juga pada masa ini.

Dengan pengkalimatan yang singkat dan tepat 11:24-26 menceritakan bagaimana pandangan hidup orang yang beriman akan selalu memilih menurut kenyataan yang mungkin belum kelihatan, tetapi tetap jauh lebih penting. "Penghinaan karena Kristus" hanya dianggap "kekayaan yang lebih besar dari semua harta Mesir" kalau pandangan kita diarahkan "kepada upah." Dengan 11:26 seluruh beban surat ini dihayati di dalam kehidupan Musa. Kalau kita mengarahkan pandangan kita "kepada upah," maka kita juga akan dikuatkan oleh Dia sehingga kita dapat meneladani Musa, dan memperoleh apa yang berkali-kali digambarkan di dalam surat ini.

Hagelberg: Ibr 11:27 - -- 11:27 Karena iman maka ia telah meninggalkan Mesir dengan tidak takut akan murka raja. Ia bertahan sama seperti ia melihat apa yang tidak kelihatan....

11:27 Karena iman maka ia telah meninggalkan Mesir dengan tidak takut akan murka raja. Ia bertahan sama seperti ia melihat apa yang tidak kelihatan.

Ayat ini meringkaskan inti dari iman. "Yang tidak kelihatan," di dalam konteks surat ini, adalah penggenapan janji-janji Allah. Kita juga, sama seperti para pembaca pertama, belum melihat, dan perlu bertahan.

Pasal 11:32-38 merupakan penutup dari diskusi iman di sini. Pendahuluannya (11:32) mengatakan bahwa ada daftar yang panjang dari nama-nama orang yang menang dalam iman. Lalu bagian pertama (11:33-35a) menceritakan pengalaman mereka yang menang dengan tidak menderita, sedangkan bagian kedua (11:35b-38) menceritakan pengalaman mereka yang menang dengan sangat menderita. Tetapi menderita atau tidak, tokoh-tokoh ini menang. Mungkin kemenangan mereka tidak kelihatan, tetapi masih tetap dianggap kemenangan, karena dia memandang dengan mata iman.

Mengenai peristiwa-peristiwa yang disebut di dalam nats ini:

Raja Daud adalah yang "memperoleh apa yang dijanjikan"

Daniel adalah yang "menutup mulut singa-singa"

Sadrakh, Mesakh, dan Abednego "memadamkan api"

Eliya dan Elisa "luput dari mata pedang"

Simson dan Hizkia "menjadi kuat dalam peperangan"

Zakharia dan Yeremia (menurut tradisi) "dilempari"

Yesaya (menurut tradisi) "digergaji"

Dengan demikian si penulis menegaskan bahwa iman adalah dasar yang satu-satunya untuk kehidupan rohani yang mantap.

Hagelberg: Ibr 11:27 - -- 11:27 Karena iman maka ia telah meninggalkan Mesir dengan tidak takut akan murka raja. Ia bertahan sama seperti ia melihat apa yang tidak kelihatan....

11:27 Karena iman maka ia telah meninggalkan Mesir dengan tidak takut akan murka raja. Ia bertahan sama seperti ia melihat apa yang tidak kelihatan.

Ayat ini meringkaskan inti dari iman. "Yang tidak kelihatan," di dalam konteks surat ini, adalah penggenapan janji-janji Allah. Kita juga, sama seperti para pembaca pertama, belum melihat, dan perlu bertahan.

Pasal 11:32-38 merupakan penutup dari diskusi iman di sini. Pendahuluannya (11:32) mengatakan bahwa ada daftar yang panjang dari nama-nama orang yang menang dalam iman. Lalu bagian pertama (11:33-35a) menceritakan pengalaman mereka yang menang dengan tidak menderita, sedangkan bagian kedua (11:35b-38) menceritakan pengalaman mereka yang menang dengan sangat menderita. Tetapi menderita atau tidak, tokoh-tokoh ini menang. Mungkin kemenangan mereka tidak kelihatan, tetapi masih tetap dianggap kemenangan, karena dia memandang dengan mata iman.

Mengenai peristiwa-peristiwa yang disebut di dalam nats ini:

Raja Daud adalah yang "memperoleh apa yang dijanjikan"

Daniel adalah yang "menutup mulut singa-singa"

Sadrakh, Mesakh, dan Abednego "memadamkan api"

Eliya dan Elisa "luput dari mata pedang"

Simson dan Hizkia "menjadi kuat dalam peperangan"

Zakharia dan Yeremia (menurut tradisi) "dilempari"

Yesaya (menurut tradisi) "digergaji"

Dengan demikian si penulis menegaskan bahwa iman adalah dasar yang satu-satunya untuk kehidupan rohani yang mantap.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Ibr 11:4-31 - Teladan-teladan Iman Teladan-teladan Iman (11:4-31) Rasul Paulus, setelah memberi kita uraian yang lebih umum tentang anugerah iman, sekarang melanjutkan dengan mengete...

Matthew Henry: Ibr 11:32-40 - Teladan-teladan Iman Teladan-teladan Iman (11:32-40) Rasul Paulus, setelah memberi kita sederet orang beriman yang tersohor, yang namanya disebutkan dan ujian serta tin...

SH: Ibr 11:1-7 - Pahlawan iman Perjanjian Lama (Kamis, 10 November 2005) Pahlawan iman Perjanjian Lama Sering kita mendengar orang berkata bahwa Perjanjian Lama mengajarkan perbuatan yang menyelamatkan seseorang. Ba...

SH: Ibr 11:1-7 - Iman adalah Sumber Kekuatan (Senin, 28 Agustus 2017) Iman adalah Sumber Kekuatan Setiap orang memerlukan kekuatan dalam hidupnya. Kekuatan tersebut akan dijadikan pegangan, patokan, dan sumber pengharap...

SH: Ibr 11:1-7 - Mengamini Iman (Rabu, 5 Juli 2023) Mengamini Iman Bagaimana perasaan Anda ketika menerima suatu hadiah atau penghargaan? Hadiah diberikan kepada orang yang berhasil mencapai sesuatu -w...

SH: Ibr 11:8-16 - Menanti janji Tuhan (Jumat, 11 November 2005) Menanti janji Tuhan Menantikan penggenapan suatu janji adalah pekerjaan yang sulit. Apalagi ketika penggenapan janji yang kita tunggu itu tida...

SH: Ibr 11:8-22 - Iman adalah Sumber Ketaatan (Selasa, 29 Agustus 2017) Iman adalah Sumber Ketaatan Tidak mudah hidup dalam ketaatan. Banyak tantangan dan hambatan ketika kita bertekad untuk menjalaninya. Ketaatan tidak d...

SH: Ibr 11:8-22 - Iman Bukan Imajinasi (Kamis, 6 Juli 2023) Iman Bukan Imajinasi Ada pepatah berkata, "Selama kamu dapat membayangkannya, kamu dapat membuatnya menjadi nyata." Itu bukanlah iman menurut Alkitab...

SH: Ibr 11:16 - Iman modal utama Kristen (Jumat, 5 Mei 2000) Iman modal utama Kristen Bagi masyarakat umum, iman nampak sebagai sesuatu yang tidak nyata atau suatu khayalan yang tidak dapat dibuktikan. Tap...

SH: Ibr 11:17-40 - Kesaksian iman adalah sebuah model kehidupan (Sabtu, 6 Mei 2000) Kesaksian iman adalah sebuah model kehidupan Iman kristen tidak pernah menjamin kehidupan kristen terbebas dari penderitaan ataupun ujian. Kehid...

SH: Ibr 11:17-22 - Percaya walau tampak mustahil (Sabtu, 12 November 2005) Percaya walau tampak mustahil Seorang filsuf eksistensialis abad ke-19, S. A. Kierkegaard pernah mengomentari iman Abraham sebagai iman yang n...

SH: Ibr 11:23-31 - Iman yang progresif (Minggu, 13 November 2005) Iman yang progresif Akhir-akhir ini banyak orang di Indonesia menerbitkan buku tentang riwayat hidupnya dengan berbagai motivasi. Ada tokoh ma...

SH: Ibr 11:23-31 - Iman adalah Sumber Keberanian (Rabu, 30 Agustus 2017) Iman adalah Sumber Keberanian Salah satu cara untuk mengembangkan diri adalah mempunyai keberanian keluar dari rasa nyaman dalam zona aman kita. Menc...

SH: Ibr 11:23-31 - Iman yang Unik, Bukan Antik (Jumat, 7 Juli 2023) Iman yang Unik, Bukan Antik Apa yang Anda lihat di museum, benda-benda antik atau unik? Kata "antik" merujuk kepada benda kuno yang berharga, sementa...

SH: Ibr 11:32-40 - Sukses sebagai pahlawan iman (Senin, 14 November 2005) Sukses sebagai pahlawan iman Budaya instan dari dunia modern/pascamodern ini melanda berbagai aspek kehidupan bahkan juga mempengaruhi banyak ...

SH: Ibr 11:32-40 - Iman adalah Sumber Integritas (Kamis, 31 Agustus 2017) Iman adalah Sumber Integritas Integritas adalah konsistensi dalam tindakan yang menunjukkan adanya keselarasan antara keyakinan dan tindakan. Para sa...

SH: Ibr 11:32-40 - Bermitra dalam Iman (Sabtu, 8 Juli 2023) Bermitra dalam Iman Bapak Koperasi Indonesia, M. Hatta mengatakan bahwa koperasi adalah cerminan budaya ekonomi Indonesia karena koperasi adalah usah...

Utley: Ibr 11:1-7 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 11:1-71 Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. 2 Seb...

Utley: Ibr 11:8-12 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 11:8-128 Karena iman Abraham taat, ketika ia dipanggil untuk berangkat ke negeri yang akan diterimanya menjadi milik pusaka...

Utley: Ibr 11:13-16 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 11:13-1613A Dalam iman mereka semua ini telah mati sebagai orang-orang yang tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, tetap...

Utley: Ibr 11:17-22 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 11:17-2217B Karena iman maka Abraham, tatkala ia dicobai, mempersembahkan Ishak. Ia, yang telah menerima janji itu, rela me...

Utley: Ibr 11:23-29 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 11:23-2923 Karena iman maka Musa, setelah ia lahir, disembunyikan selama tiga bulan oleh orang tuanya, karena mereka meliha...

Utley: Ibr 11:30-31 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 11:30-3130 Karena iman maka runtuhlah tembok-tembok Yerikho, setelah kota itu dikelilingi tujuh hari lamanya. 31 Karena ima...

Utley: Ibr 11:32-38 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 11:32-3832A Dan apakah lagi yang harus aku sebut? Sebab aku akan kekurangan waktu, apabila aku hendak menceriterakan tentan...

Utley: Ibr 11:39-40 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 11:39-4039 Dan mereka semua tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, sekalipun iman mereka telah memberikan kepada mereka ...

Topik Teologia: Ibr 11:7 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Membuat Keputusan Moral Contoh-contoh Keputusan Moral ...

Topik Teologia: Ibr 11:8 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Membuat Keputusan Moral Contoh-contoh Keputusan Moral ...

Topik Teologia: Ibr 11:9 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Membuat Keputusan Moral Contoh-contoh Keputusan Moral ...

Topik Teologia: Ibr 11:10 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Membuat Keputusan M...

Topik Teologia: Ibr 11:11 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Membuat Keputusan Moral Contoh-contoh Keputusan Moral ...

Topik Teologia: Ibr 11:12 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Memiliki Sifat-sifat Allah Ketidakberub...

Topik Teologia: Ibr 11:13 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Membuat Keputusan Moral Contoh-contoh Keputusan Moral ...

Topik Teologia: Ibr 11:16 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Allah Berlaku di Dalam Kehidupan Orang-orang Percaya Pemeliharaan-Nya Be...

Topik Teologia: Ibr 11:17 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Kristus dalam Paralel Pribadi yang Diparalelkan dengan Kristus Ishak ...

Topik Teologia: Ibr 11:19 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Kristus dalam Paralel Pribadi yang Diparalelkan dengan Kristus Ishak ...

Topik Teologia: Ibr 11:20 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Membuat Keputusan Moral Contoh-contoh Keputusan Moral ...

Topik Teologia: Ibr 11:21 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Membuat Keputusan Moral Contoh-contoh Keputusan Moral ...

Topik Teologia: Ibr 11:22 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Membuat Keputusan Moral Contoh-contoh Keputusan Moral ...

Topik Teologia: Ibr 11:24 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Membuat Keputusan Moral Contoh-contoh Keputusan Moral ...

Topik Teologia: Ibr 11:25 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Membuat Keputusan Moral Contoh-contoh Keputusan Moral ...

Topik Teologia: Ibr 11:27 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Tak Kelihatan Ula 4:11-15 Ayu 9:11 Ayu 23:8-9 Yoh 1:18 Yoh 5:37 Yoh...

Topik Teologia: Ibr 11:31 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Membuat Keputusan Moral Contoh-contoh Keputusan Moral ...

Topik Teologia: Ibr 11:32 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Beriman kepada Allah Percaya kepada Allah dan Percayailah Dia Teladan karena Iman ...

Topik Teologia: Ibr 11:35 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Beriman kepada Allah Percaya kepada Allah dan Percayailah Dia Teladan karena Iman ...

Topik Teologia: Ibr 11:39 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Beriman kepada Allah Percaya kepada Allah dan Percayailah Dia Teladan karena Iman ...

TFTWMS: Ibr 11:7 - Nuh: Iman Yang Diungkapkan Dalam Perbuatan NUH: IMAN YANG DIUNGKAPKAN DALAM PERBUATAN (Ibrani 11: 7) 7 Karena iman, maka Nuh—dengan petunjuk Allah tentang sesuatu yang belum kelihatan—deng...

TFTWMS: Ibr 11:4-7 - Iman Yang Bekerja Iman Yang Bekerja (Ibrani 11:4, 5, 7) Bagaimanakah iman bekerja? Apakah iman itu sekedar kesepakatan mental? Apakah iman tergeletak tidak aktif di da...

TFTWMS: Ibr 11:8-12 - Iman Yang Berserah Kepada Allah Iman Yang Berserah Kepada Allah (Ibrani 11:8-12) Iman bertindak. Dalam contoh-contoh yang diberikan dalam 11:4-7, iman diungkapkan dalam menyembah Al...

TFTWMS: Ibr 11:8-10 - Iman Percaya Kepada Kepemimpinan Allah IMAN PERCAYA KEPADA KEPEMIMPINAN ALLAH (Ibrani 11:8-10) 8 Karena iman Abraham taat, ketika ia dipanggil untuk berangkat ke negeri yang akan diteriman...

TFTWMS: Ibr 11:11-12 - Iman Percaya Kepada Kuasa Allah IMAN PERCAYA KEPADA KUASA ALLAH (Ibrani 11:11, 12) 11 Karena iman ia juga dan Sara beroleh kekuatan untuk menurunkan anak cucu, walaupun usianya suda...

TFTWMS: Ibr 11:13-16 - Peziarah Yang Setia Peziarah Yang Setia (Ibrani 11:13-16) Dalam ayat 13 sampai 16, sebuah gambar diberikan untuk menggambarkan ciri-ciri orang yang benar-benar hidup kar...

TFTWMS: Ibr 11:13 - Mereka Semua Mati Dalam Iman "MEREKA SEMUA MATI DALAM IMAN" (Ibrani 11:13 a, b) 13a,b Mereka ini mati dalam iman, tanpa menerima janji-janji itu (NASB). Orang-orang ya...

TFTWMS: Ibr 11:14-16 - Mereka Mencari Negeri Milik Mereka Sendiri MEREKA MENCARI "NEGERI MILIK MEREKA SENDIRI" (Ibrani 11:14-16) 14 Sebab mereka yang berkata demikian membuat hal itu jelas, bahwa mereka se...

TFTWMS: Ibr 11:17-19 - Ujian Iman Yang Paling Berat Ujian Iman Yang Paling Berat (Ibrani 11:17-19) Semua pencobaan Abraham yang lain adalah tidak penting dibandingkan dengan mempersembahkan Ishak sebag...

TFTWMS: Ibr 11:17 - Manifestasi Imannya MANIFESTASI IMANNYA (Ibrani 11:17) Abraham bisa memberikan banyak keberatan dan argumentasi yang masuk akal terhadap perintah ini: "Bapa, ini ta...

TFTWMS: Ibr 11:17-19 - Isi Imannya ISI IMANNYA (Ibrani 11: 17-19) Karena Ishak adalah bagian yang tak tergantikan dari janji Allah, maka Abraham menyimpulkan bahwa Allah akan membangki...

TFTWMS: Ibr 11:17-19 - Upah Imannya UPAH IMANNYA (Ibrani 11:17-19) Bagaimanakah Allah akan menyediakan dalam kasus Ia meminta Abraham untuk mengorbankan anaknya? Abraham "berpikir,...

TFTWMS: Ibr 11:20-22 - Iman Yang Menanti-nanti Iman Yang Menanti-Nanti (Ibrani 11:20-22) Orang beriman melihat ke belakang dan bersukacita dalam bagaimana Allah telah menepati segala janji-Nya. Ia...

TFTWMS: Ibr 11:20 - Orang Beriman Menyiapkan Masa Depan Allah ORANG BERIMAN MENYIAPKAN MASA DEPAN ALLAH (Ibrani 11:20) 20 Karena iman maka Ishak, sambil memandang jauh ke depan, memberikan berkatnya kepada Yakub...

TFTWMS: Ibr 11:21 - Orang Beriman Percaya Kepada Masa Depan Allah ORANG BERIMAN PERCAYA KEPADA MASA DEPAN ALLAH (Ibrani 11:21) 21 Karena iman maka Yakub, ketika hampir waktunya akan mati, memberkati kedua anak Yusuf...

TFTWMS: Ibr 11:22 - Orang Beriman Mengantisipasi Masa Depan Allah ORANG BERIMAN MENGANTISIPASI MASA DEPAN ALLAH (Ibrani 11:22) 22 Karena iman maka Yusuf menjelang matinya memberitakan tentang keluarnya orang-orang I...

TFTWMS: Ibr 11:23 - Iman Orang Tua Yang Saleh Iman Orang Tua Yang Saleh (Ibrani 11:23) Setelah Abraham, Musa menjadi orang beriman terbesar kedua dalam Perjanjian Lama. Kisah Musa "diceritak...

TFTWMS: Ibr 11:24-29 - Iman Musa Iman Musa (Ibrani 11:24-29) Iman orang tuanya Musa menjadi iman yang ia miliki seraya ia bertumbuh. Teks itu menyebutkan lima contoh kesetiaan Musa y...

TFTWMS: Ibr 11:24 - Iman Yang Menolak IMAN YANG "MENOLAK" (Ibrani 11:24) Musa dapat memilih untuk hidup sebagai seorang pangeran di dalam bangsa terbesar yang dikenal pada waktu...

TFTWMS: Ibr 11:25 - Iman Yang Memilih IMAN YANG MEMILIH (Ibrani 11:25) Pilihan untuk berpaling dari Mesir tidak dibuat tanpa pertimbangan; itu adalah keputusan yang tidak dapat dibatalkan...

TFTWMS: Ibr 11:26 - Iman Yang Mempertimbangkan IMAN YANG MEMPERTIMBANGKAN (Ibrani 11:26a) Musa mempertimbangkan hal-hal dari Allah sebagai jauh lebih berharga daripada "semua harta Mesir"...

TFTWMS: Ibr 11:26-27 - Iman Yang Melihat IMAN YANG "MELIHAT" (Ibrani 11:26b, 27) Kita melihat motivasi dalam keputusan Musa di ayat 26b: "Sebab pandangannya ia arahkan kepada ...

TFTWMS: Ibr 11:28-29 - Iman Yang Taat IMAN YANG TAAT (Ibrani 11:28, 29) Musa bertindak sesuai dengan kehendak Allah ketika ia memimpin orang Ibrani dalam merayakan Paskah (ay. 28). Ia ham...

TFTWMS: Ibr 11:30-31 - Iman Yang Bergerak Maju Iman Yang Bergerak Maju (Ibrani 11:30, 31) Melewati air Sungai Yordan yang bergolak dan menaklukkan kota Yerikho adalah dua fakta iman yang tak terba...

TFTWMS: Ibr 11:30 - Iman Yang Bersatu IMAN YANG BERSATU (Ibrani 11:30) 30 Karena iman maka runtuhlah tembok-tembok Yerikho, setelah kota itu dikelilingi tujuh hari lamanya Ayat 30 menegas...

TFTWMS: Ibr 11:31 - Iman Individu IMAN INDIVIDU (Ibrani 11:31) 31 Karena iman maka Rahab, perempuan sundal itu, tidak turut binasa bersama-sama dengan orang-orang durhaka, karena ia t...

TFTWMS: Ibr 11:32-40 - Percaya Kepada Allah Di Waktu Menang & Susah Percaya Kepada Allah Di Waktu Menang & Susah (Ibrani 11:32-40) Para pahlawan Perjanjian Lama disajikan dalam tiga kelompok, dimulai dalam ayat 32...

TFTWMS: Ibr 11:32-34 - Mereka Yang Menang Melalui Iman MEREKA YANG MENANG MELALUI IMAN (Ibrani 11:32-34) 32 Dan apakah lagi yang harus aku sebut? Sebab aku akan kekurangan waktu, apabila aku hendak mencer...

TFTWMS: Ibr 11:35 - Mereka Berharap Kepada Kebangkitan MEREKA BERHARAP KEPADA KEBANGKITAN (Ibrani 11:35) 35 Ibu-ibu telah menerima kembali orang-orangnya yang telah mati, sebab dibangkitkan. Tetapi orang-...

TFTWMS: Ibr 11:36-38 - Mereka Yang Menderita Melalui Iman MEREKA YANG MENDERITA MELALUI IMAN (Ibrani 11:36-38) 36 Ada pula yang diejek dan didera, bahkan yang dibelenggu dan dipenjarakan. 37 Mereka dilempari...

TFTWMS: Ibr 11:39-40 - Mereka Yang Direstui Karena Iman MEREKA YANG DIRESTUI KARENA IMAN (Ibrani 11:39, 40) 39 Dan mereka semua tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, sekalipun iman mereka telah memberi...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Disebutkan Tema : Perjanjian yang Lebih Baik Tanggal Penulisan: 67-69 M (tidak dapat dipastikan) Latar Belakang...

Full Life: Ibrani (Garis Besar) Garis Besar I. Argumentasi: Kristus dan Iman Kristen Lebih Unggul daripada Agama Orang Yahudi (Ibr 1:1-10:18) ...

Matthew Henry: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Mengenai surat kerasulan ini kita harus mengadakan penyelidikan atas, I. Otoritas ilahi dari surat ini, sebab ada beberapa orang yang memper...

Jerusalem: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus Dengan menggunakan Kisah Para Rasul dan surat-surat Paulus, maka tokoh ini lebih kita kenal da...

Ende: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT KEPADA ORANG-ORANG IBRANI KATA PENGANTAR Kepada siapakah surat ini ditudjukan Djudul surat ini "Kepada orang-orang Ibrani" sudah terdapat pada n...

Hagelberg: Ibrani (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Latar Belakang Selain orang-orang Yahudi yang tinggal di Israel, ada yang tersebar di mana-mana pada zaman Perjanjian Baru. M...

Hagelberg: Ibrani (Garis Besar) GARIS BESAR ibrani I. Pendahuluan (1:1-4) II. Bagian Pertama: Anak Allah adalah Raja dari Allah (1:5-4:16) A. Raja/An...

Hagelberg: Ibrani DAFTAR PUSTAKA ibrani Daftar Kepustakaan Hodges, Zane, bahan kuliah dari Greek 225, "Epistle to the Hebrews," Dallas Theological Seminary, ...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) BAGAIMANAKAH JIKA NUH BERBUAT SEBALIKNYA? (Ibrani 11: 7) Misalkan Nuh berkata, "Tuhan, aku percaya kepada-Mu bahwa Engkau menyelamatkan aku kare...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Pengelompokan ini disadur dari Thomas G. Long, Hebrews, Interpretation (Louisville: John Knox Press, 1997), 115, 119. 2 James Ma...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) MENGEMBARA DALAM DUNIA YANG CELAKA INI (Ibrani 11:8) Setiap perjalanan iman adalah ziarah. Beberapa orang menganggap kata "Ibrani" berarti ...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Seperti yang almarhum Gus Nichols biasa katakan, "Aku mengucap syukur kepada Allahku bahwa Tuhan tidak akan berkata, 'Ba...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) ABRAHAM MEMANDANG JAUH KE MASA DEPAN (Ibrani 11:10-14) Abraham mendirikan kemahnya tetapi terus-menerus pindah dari satu tempat ke tempat lain di ant...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) LEBIH MUDAH RAGU DARIPADA PERCAYA (Ibrani 11:11) Adalah wajar bagi Sara untuk tertawa ketika ia pertama kali mendengar dari malaikat Tuhan bahwa ia a...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) ORANG ASING DAN PENDATANG (Ibrani 11:13) Menjadi orang asing sering berarti harus dikucilkan dari masyarakat. Sebagai orang Kristen, kita akan menjad...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) BUJUKAN PADA PERJALANAN PULANG (Ibrani 11:13-16) Hampir semua orang akhirnya menjadi lelah dalam mengembara dan mencari rumah di mana ia bisa menghab...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 F. F. Bruce mengatakan bahwa perubahan penulis itu dari menggunakan kata pistei sebelumnya kepada kata pistin dilakukan "seca...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) TIDAK MALU MENGAKUI KITA (Ibrani 11:16) Bangsa Israel bangga dalam mengetahui bahwa Allah tidak malu untuk memanggil mereka milik-Nya dan bahwa Ia bi...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) APAKAH ISHAK BAYANGAN KRISTUS? (Ibrani 11:17-19) Adalah wajar bagi orang percaya punya keinginan untuk menemukan bayangan atau persamaan prediktif Kr...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Cerita yang diberikan dalam Kejadian 22:1-14 telah lama disebut "Pengikatan Ishak" oleh orang Yahudi. Itu dianggap sebag...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) ISHAK MEMBERKATI YAKUB DAN ESAU (Ibrani 11:20) Kejadian 27 menceritakan bagaimana Ishak ditipu. Ketika ia sadar bahwa ia tidak memberkati anak yang i...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) IMAN BAPA MENJADI IMAN ANAK (Ibrani 11:20-22) Ishak telah menjadi tua dan penglihatannya sudah kabur, tapi ia mempertahankan pandangan yang penuh key...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Philip Edgcumbe Hughes, A Commentary on the Epistle to the Hebrews (Grand Rapids, Mich.: Wm. B. Eerdmans Publishing Co., 1977), 48...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) YAKUB MEMBERKATI CUCU-CUCUNYA (Ibrani 11:21) Para kakek bertanya-tanya akan seperti apakah cucu-cucu mereka kelak ketika mereka bertumbuh. Mereka itu...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) AIR MATA BAYI MUSA (Ibrani 11:23) Ketika Yokhebed memandangi bayi yang tidur dalam gendongan tangannya, ia tampaknya berkata kepada dirinya sendiri, ...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) IMAN MUSA DI HADAPAN PENCOBAAN (Ibrani 11:23-27) Musa berada dalam bahaya sejak dari kelahirannya, tapi ia dilindungi oleh karena iman orang tuanya (...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Ada orang tua yang menyembunyikan anak, tapi anak itu kemudian tumbuh di dalam istana. Ia belakangan mengungkapkan statusnya dan t...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Ini sesuai dengan daftar raja-raja Mesir oleh Manetho (atau Manethon dari Sebennytos, sejarawan terbesar Mesir). Daftar ini diperd...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) KENIKMATAN DOSA DAN PILIHAN RASIONAL (Ibrani 11:25, 26) Tentunya, ada kenikmatan dalam dosa. Siapa saja yang mengatakan tidak ada adalah pembohong at...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) ANTARA DUA GARIS (Ibrani 11:27) Ada terlalu banyak cerita tentang iman yang menang untuk digunakan oleh penulis kitab Ibrani, sehingga ia menahan dir...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) DARAH ANAK DOMBA DAN PENYELAMATAN PARA BAYI (Ibrani 11:28) Bagaimana mungkin darah anak domba punya kaitan apa saja dengan penyelamatan anak-anak? Ti...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) KETIKA ISRAEL DISELAMATKAN (Ibrani 11:29) Keluaran 14:30 mengatakan, "Demikianlah pada hari itu TUHAN menyelamatkan orang Israel dari tangan ora...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) KETIKA IMAN BERTINDAK, KASIH KARUNIA MENJADI EFEKTIF (Ibrani 11:30, 31) Yosua didorong untuk "menjadi kuat dan berani "(Yosua 1:9). Ia, sep...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Gerald F. Hawthorne, "Hebrews," in New International Bible Commentary, ed. F. F. Bruce, H. L. Ellison, and G. C. D. Howl...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) RAHAB, CONTOH IMAN (Ibrani 11:31) Dengan semua orang saleh beriman yang disebutkan sejauh ini dalam Ibrani 11, bagaimanakah Rahab, seorang wanita ber...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) MISTERI ORANG YANG BERKENAN DI HATI ALLAH (Ibrani 11:32) Raja Daud adalah "orang yang berkenan dihati [Allah]" (Kisah 13:22; lihat 1 Samuel...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) BEBERAPA ORANG DITOLONG OLEH MUJIZAT, YANG LAINNYA OLEH PENYEDIAAN (Ibrani 11:32-34) Beberapa perbuatan yang tercantum dalam 11:32-34 dicapai oleh in...

TFTWMS: Ibrani (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Craig R. Koester, Hebrews: A New Translation with Introduction and Commentary, The Anchor Bible, vol. 36 (New York: Doubleday, 200...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) ORANG-ORANG YANG TIDAK LAYAK BAGI DUNIA INI (Ibrani 11:35-38) Ayat 35 sampai 40 menunjukkan bagaimana iman tumbuh: bukan di rumah kaca, terlindung da...

TFTWMS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) BANYAK YANG AKAN SEGERA MENDERITA SEPERTI ITU (Ibrani 11:36-40) Pembantaian banyak orang Yahudi oleh bangsa Siria di bawah Antiokhus Epifanes di awal...

BIS: Ibrani (Pendahuluan Kitab) SURAT KEPADA ORANG IBRANI PENGANTAR Surat Kepada Orang Ibrani ini ditujukan kepada sekelompok orang Kristen, yang karena terus-menerus mengalami tek

SURAT KEPADA ORANG IBRANI

PENGANTAR

Surat Kepada Orang Ibrani ini ditujukan kepada sekelompok orang Kristen, yang karena terus-menerus mengalami tekanan, mungkin akan murtad dari kepercayaan mereka kepada Kristus. Penulis surat ini berusaha mendorong mereka supaya tetap percaya. Untuk itu ia menunjukkan bahwa Yesus Kristus adalah pernyataan Allah yang sempurna. Tiga perkara dikemukakan oleh penulis surat ini. Pertama, Yesus adalah Anak Allah -- Anak yang kekal. Anak Allah itu menunjukkan ketaatan-Nya kepada Bapa melalui ketabahan-Nya untuk menderita. Sebagai Anak Allah, Yesus lebih tinggi dari nabi-nabi dalam Perjanjian Lama. Ia pun lebih tinggi dari malaikat atau Musa sendiri. Kedua, Allah telah menyatakan Yesus sebagai imam abadi yang lebih tinggi daripada imam-imam dalam Perjanjian Lama. Ketiga, dengan perantaraan Yesus, orang yang percaya kepada-Nya dibebaskan dari dosa dan dari ketakutan dan kematian. Sebagai Imam Agung, Yesus memberikan kepada manusia keselamatan sejati yang tidak dapat diberikan oleh upacara- upacara persembahan kurban dan upacara-upacara lainnya di dalam agama Yahudi. Upacara-upacara itu hanya dapat memberikan gambaran dari keselamatan sejati itu saja, lain tidak.

Dengan mengemukakan contoh-contoh iman dari tokoh-tokoh terkenal dalam sejarah Israel (pasal 11 Ibr 11:1-40), penulis surat ini menganjurkan para pembacanya supaya tetap setia. Di dalam pasal 12 (Ibr 12:1-29) ia mendorong mereka supaya terus setia sampai akhir, dengan hanya melihat pada Yesus. Ia mendorong mereka juga supaya tabah menderita dan tabah menanggung tekanan-tekanan dan penganiayaan terhadap diri mereka. Surat ini diakhiri dengan nasihat dan peringatan.

Isi

  1.  Pendahuluan: Kristus adalah pernyataan Allah yang sempurna
    Ibr 1:1-3
  2.  Kristus lebih tinggi dari malaikat
    Ibr 1:4-2:18
  3.  Kristus lebih tinggi dari Musa dan Yosua
    Ibr 3:1-4:13
  4.  Keistimewaan pekerjaan Kristus sebagai imam
    Ibr 4:14-7:28
  5.  Keistimewaan perjanjian Kristus
    Ibr 8:1-9:28
  6.  Keistimewaan kurban Kristus
    Ibr 10:1-39
  7.  Pentingnya iman
    Ibr 11:1-12:29
  8.  Nasihat dan penutup
    Ibr 13:1-25

Ajaran: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti pokok-pokok ajaran dari Kitab Ibrani, dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pendahuluan Pen

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti pokok-pokok ajaran dari Kitab Ibrani, dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pendahuluan

Penulis : Hanya Tuhan yang tahu (kemungkinan Rasul Paulus).

Tahun : Sekitar tahun 64-68 sesudah Masehi.

Penerima : Orang-orang percaya yang berlatar belakang Yahudi. Mereka sedang mengalami penganiayaan dan ejekan karena iman Kristen. (Dan juga kepada semua jemaat Kristen di dunia).

Isi Kitab: Kitab Ibrani terbagi atas 13 pasal. Di dalam Kitab ini kita dapat melihat ajaran penguatan iman Kristen bagi orang-orang yang sudah mulai mundur dari imannya, yang disebabkan oleh penganiayaan dari orang-orang yang bukan Kristen.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Ibrani

  1. Pasal 1-6 (Ibr 1:1-6:12).

    Pengajaran tentang Yesus yang memiliki kedudukan tertinggi

    Dalam bagian ini dijelaskan bahwa semua yang mau kita ketahui tentang Allah dapat diketahui melalui Tuhan Yesus, karena Ia adalah Cahaya Kemuliaan Allah, Penyuci dosa. Ia adalah Pencipta, dan juga lebih tinggi dari para malaikat.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ibr 1:2-4. Kalau Yesus lebih tinggi dari pada para malaikat dan Ia adalah Pencipta, penyuci dosa, maka hendaknya setiap orang Kristen berhati- hati dalam kehidupannya sehari-hari, karena Ia sudah mengambil keputusan untuk menerima Penebusnya.
    2. Bacalah pasal Ibr 5:11-14; 6:4-6. Berikanlah pendapat saudara mengenai bagian ini.
  2. Pasal 6-10 (Ibr 6:13-10:18).

    Pengajaran tentang Yesus sebagai imam besar yang paling berkuasa

    Dalam bagian ini dijelaskan bahwa Yesus adalah Jalan ke tempat kudus, karena Ia telah membebaskan orang percaya dari Iblis dan maut serta ketakutan dari hukuman dosa.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ibr 7:25-27. _Tanyakan_: Apakah yang sanggup dilakukan oleh Yesus dalam hidup saudara? Adakah imam yang memenuhi syarat dalam ayat 26; Ibr 7:26, selain Tuhan Yesus? Apakah yang membedakan Tuhan Yesus dari imam-imam yang lain? Siapakah imam saudara untuk dapat datang kepada Allah?
    2. Bacalah pasal Ibr 10:3-4,11-18. _Tanyakan_: Apakah darah hewan (domba) dapat menebus dosa manusia? Domba apakah yang menjadi korban orang Kristen? Apakah persembahan korban yang dilakukan oleh imam-imam dunia dapat menghapuskan dosa? Apakah yang dilakukan oleh Tuhan Yesus bagi orang Kristen (manusia)? (lihat ayat 12-18; Ibr 10:12-18)
  3. Pasal 10-13 (Ibr 10:19-13:25).

    Pengajaran yang berupa nasehat bagi orang-orang Kristen

    1. Peringatan untuk mengingat masa yang lalu.

      Pendalaman

      Bacalah pasal Ibr 10:13-39. Karena itu tetaplah setia, maka kita akan memperoleh hidup yang kekal.

    2. Peringatan untuk mengingat Bapa-bapa beriman pada jaman dahulu.

      Pendalaman

      Bacalah pasal 11; Ibr 11:1-40. Dengan mengingat Bapa-bapa beriman, diharapkan agar setiap orang Kristen dikuatkan, karena hal itu membuktikan bahwa apa yang dijanjikan Allah adalah benar.

    3. Peringatan untuk mengingat pengharapan iman.

      Pendalaman

      Bacalah pasal Ibr 12:28; 13:5. Karena ada janji yang pasti dari Allah akan jaminan masa yang akan datang dan sekarang, maka hendaknya sebagai orang-orang yang sudah ditebus dari dosa, kita jangan mundur.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Ibrani?
  2. Apakah pusat pengajaran Kitab Ibrani?
  3. Apakah yang dimaksudkan dengan iman?
  4. Apakah kelebihan Tuhan Yesus dari manusia lain?

Intisari: Ibrani (Pendahuluan Kitab) Kabar baik tentang hal-hal yang lebih baik SIAPA PENULIS SURAT IBRANI?Kita sama sekali tidak tahu siapa penulis surat Ibrani. Meskipun surat ini diak

Kabar baik tentang hal-hal yang lebih baik

SIAPA PENULIS SURAT IBRANI?
Kita sama sekali tidak tahu siapa penulis surat Ibrani. Meskipun surat ini diakhiri dengan salam hangat, tetapi tidak terdapat alamat pada awal tulisan! Secara umum orang berpendapat bahwa Paulus yang menulis surat ini, tetapi Ibrani 2:3 mengatakan bahwa penulis mendengar Injil dari orang lain yang mendengar sendiri ajaran Yesus. Paulus menyatakan dengan tegas bahwa ia tidak pernah mendengar Injil dari orang lain (Gal 1:12). Penulisnya boleh jadi orang Lewi yang bernama Barnabas (Kis 4:36) yang mengetahui seluk beluk para imam dan pekerjaan mereka. Lukas merupakan kemungkinan ketiga; gaya penulisan Ibrani mirip dengan gaya penulisan Injil Lukas dan Kisah para Rasul. Yang keempat, Apolos mengenal Timotius dengan baik (13:23). Pula, Kisah 18:24 menyatakan bahwa Apolos adalah 'seorang yang mahir dalam soal-soal Kitab Suci'. Siapa pun penulis Ibrani, ia pasti seorang yang mahir dalam soal-soal Kitab Suci! Dan masih ada banyak pendapat lain. Pada akhirnya kita harus mengatakan bahwa tidak seorang pun mengetahui siapa penulis surat ini!

SIAPA PENERIMA SURAT INI?
Karena tidak ada alamat pada surat ini, maka kita tidak tahu siapa penerimanya. Penulis menyatakan suratnya sebagai 'nasihat' (13:22). Tetapi, siapa yang ia nasihati? Mereka adalah orang-orang yang telah dianiaya (Ibr 10:32-34 ). Penulis mengenal mereka secara pribadi dan berharap untuk segera mengunjungi mereka (13:19 dan 23). Mereka mempunyai potensi untuk menjadi pemimpin, tetapi tidak mengalami kemajuan (5:12). Mereka adalah orang-orang berbahasa Yunani; surat ini ditulis mungkin dalam bahasa Yunani terbaik dari seluruh Perjanjian Baru. Oleh karena itu, hampir dapat dipastikan mereka bukanlah orang Yahudi yang tinggal di Yudea. Tetapi, sama pasti pula mereka adalah orang Yahudi. Orang bukan Yahudi tidak mungkin dapat mengerti hukum Yahudi secara rinci. Mereka mungkin hidup di Roma. Hal ini dapat menjelaskan salam yang terdapat dalam 13:24 dari orang Kristen Italia.

MENGAPA SURAT IBRANI DITULIS?
Ada dua kemungkinan. Jika kelompok penerima surat ini adalah Kristen, surat ini merupakan peringatan bagi mereka tentang bahaya kemurtadan, meninggalkan Kristus. Tetapi, mungkin kelompok ini adalah orang Yahudi yang masih belum dapat memutuskan, merasa ragu-ragu antara keputusan mengikuti Kristus atau kembali kepada cara-cara ibadat mereka yang lama.

WAKTU PENULISAN.
Clemen dari Roma mengetahui surat ini, maka surat ini pasti ditulis sebelum tahun 95 M. Dan karena Ibr 10:1-3 menyatakan bahwa korban masih dipersembahkan, maka mungkin surat ini ditulis sebelum tahun 70 M, ketika Bait Suci dihancurkan. Jika penganiayaan yang disebut dalam pasal 10 dilakukan oleh Nero, maka surat ini ditulis sesudah kebakaran di Roma, yaitu tahun 64 M.

Pesan

1. Nasihat.
Ibrani merupakan suatu imbauan yang mengingatkan bahwa kita harus maju terus, bertumbuh dan menjadi dewasa. Kristen selalu tergoda untuk bertahan dalam suatu titik, untuk memperkuat diri dan tidak berani menanggung risiko untuk lebih maju dalam kehidupan iman.

2. Peringatan.
Nasihat untuk maju terus selalu diikuti dengan suatu peringatan akan adanya akibat yang serius apabila tetap berdiam diri atau mundur. Khususnya perhatikan lima pasal yang berisi peringatan:

o Tidak bisa luput! Ibr 2:1-4
o Berpegang teguh! Ibr 3:7-19
o Tidak ada mundur! Ibr 6:1-20
o Tidak ada korban lain! Ibr 10:19-39
o Tidak bisa luput! Ibr 12:25-29

3. Perbandingan.
Penulis ingin sekali menunjukkan kepada kita nilai Perjanjian Lama untuk dapat memahami Perjanjian Baru. Dewasa ini banyak orang Kristen yang mengabaikan Perjanjian Lama. Ibrani menunjukkan kepada kita kesinambungan dan perbedaan antara kedua perjanjian tersebut.

4. Sebuah kemah dan bukan Bait Allah.
Walaupun Bait Suci di Yerusalem hampir dapat dipastikan masih berdiri, penulis di sini memakai istilah kemah, seperti digambarkan dalam Keluaran 25:1-27:21, sebagai gambaran penyembahan yang murni yang darinya dapat dipakai untuk memberikan gambaran penyembahan Kristen. Kemah sangat cocok untuk mereka yang berpindah-pindah, Bait Allah cocok untuk orang yang menetap. Ibrani menantang pola kehidupan kita yang menetap dan nyaman dengan corak kehidupan musafir sebagai gantinya (Ibr 11:16).

Penerapan

Ibrani memunculkan pertanyaan tentang jaminan keselamatan Kristen. Dapatkah Kristen diselamatkan hari ini dan terhilang di kemudian hari? Ayat-ayat seperti Yohanes 10:29 tampaknya mengatakan bahwa hal itu tidak mungkin. Namun demikian, kita sering menemukan orang-orang yang dahulu tampaknya Kristen, tetapi sekarang menyangkal Kristus. Pasal-pasal peringatan dalam Ibrani seolah-olah menyarankan bahwa orang Kristen masih tetap bebas untuk kembali kepada cara hidup mereka yang lama: "Karena kita telah beroleh bagian di dalam Kristus, asal saja kita teguh berpegang sampai kepada akhirnya pada keyakinan iman kita yang semula" (Ibr 3:14). "Sebab mereka yang pernah diterangi hatinya... tidak mungkin dibaharui sekali lagi sedemikian, hingga mereka bertobat..." (Ibr 6:4-6). "Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu, tetapi yang ada ialah kematian yang mengerikan akan penghakiman" (Ibr 10:26-27). Jika surat ini dikirim kepada orang Yahudi yang telah menggabungkan diri dengan gereja Kristen, tetapi tidak mau menyerahkan diri mereka kepada Kristus, maka pengajarannya jelas: terus atau tinggalkan! Tetapi, jika surat ini ditulis kepada orang Kristen, surat ini tampaknya menegaskan bahwa sekalipun telah menjadi Kristen kita tetap diberi kesempatan untuk memilih keluar lagi. Yang terakhir ini sukar diterima sebagai ajaran Ibrani, sebab bertentangan dengan kata-kata Yesus sendiri (seperti dalam Yoh 10:29), berlawanan dengan berbagai analogi keselamatan (dapatkah seorang Kristen dibatalkan kelahiran kembalinya?) dan menentang kuasa Tuhan yang mampu menjaga keselamatan domba-domba-Nya.

Oleh karenanya, ajaran Ibrani adalah:

o Tidak ada kekristenan yang setengah-setengah. Terus atau keluar!
o Iman selalu menjadi kunci dari kehidupan yang dituntut oleh Allah.
Bagaimanapun juga, iman bukanlah semata-mata percaya tentang sesuatu, tetapi
merupakan perbuatan ketaatan.
o Perjanjian Lama dapat secara sah digunakan untuk menjelaskan ajaran

Perjanjian Baru. Seluruh isi Alkitab adalah firman Allah.

Tema-tema Kunci

1. Keunggulan Kristus.
Ini adalah topik yang sangat jelas dalam bagian pertama surat Ibrani (1-10). Bacalah seluruh pasal ini dan tulislah semua haI yang menyebutkan Kristus adalah yang "tertinggi". Mulai dari Ibr 1:4 Yesus mempunyai nama yang jauh lebih indah. Apa artinya? Telusurilah makna dari "keunggulan" Kristus.

2. Melkisedek.
Melkisedek hanya disebut dalam Ibrani 5-7 dalam Perjanjian Baru, dan dalam Kejadian 14 serta Mazmur 110 dalam Perjanjian Lama. Pelajarilah pasal-pasal ini. Pakailah kamus Alkitab untuk dapat mengetahui lebih banyak tentang dia dan arti namanya. Siapakah dia? Apa yang dilakukannya? Dan, apa kepentingan Melkisedek dalam argumentasi yang dikembangkan oleh penulis bagi surat Ibrani?

3. Perjanjian Lama.
Tulislah semua kutipan langsung dari Perjanjian Lama yang Anda temui dalam Ibrani. Catat juga acuan yang tidak langsung ke Perjanjian Lama. Amatilah prinsip-prinsip yang tampaknya dipelajari dengan menggunakan Perjanjian Lama. Bagaimana hal ini menunjukkan kepada kita tentang pendekatan terhadap Perjanjian Lama?

4. Iman
Bacalah seluruh Ibrani 11. Tulislah semua perbuatan yang telah dilakukan oleh berbagai orang tersebut. Bagaimana penekanan tentang 'iman yang bekerja' sehubungan dengan definisi tentang iman dalam ayat 1? Pelajarilah ayat-ayat 32-38 tentang iman. Apa yang dilakukan oleh para pelaku iman yang namanya disebutkan dalam pasal ini? Berapa banyak perbuatan dan pengalaman yang disebut di sana yang dapat Anda hubungkan dengan peristiwa atau orang-orang yang disebut dalam Alkitab?

Garis Besar Intisari: Ibrani (Pendahuluan Kitab) [1] PUTRA ALLAH: LEBIH TINGGI DARIPADA PARA MALAIKAT Ibr 1:1-2:18 Ibr 1:1-14Suatu perbedaan Ibr 2:1-4Suatu peringatan Ibr 2:5-18Kerendahan hati

[1] PUTRA ALLAH: LEBIH TINGGI DARIPADA PARA MALAIKAT Ibr 1:1-2:18

Ibr 1:1-14Suatu perbedaan
Ibr 2:1-4Suatu peringatan
Ibr 2:5-18Kerendahan hati Putra Allah

[2] PUTRA ALLAH: LEBIH TINGGI DARIPADA MUSA Ibr 3:1-19

Ibr 3:1-6Putra Allah dan hamba
Ibr 3:7-19Peringatan

[3] PUTRA ALLAH: LEBIH TINGGI DARIPADA YOSUA Ibr 4:1-13

[4] PUTRA ALLAH: LEBIH TINGGI DARIPADA IMAM BESAR Ibr 4:14-10:39

Ibr 4:14-5:14Lebih tinggi daripada Harun
Ibr 6:1-20Peringatan dan imbauan

Lebih tinggi daripada Melkisedek:

Ibr 7:1-10Kebesaran Melkisedek
Ibr 7:11-19Keimaman yang baru
Ibr 7:20-25Keimaman yang tetap
Ibr 7:26-28Putra Allah yang sempurna
Ibr 8:1-13Perjanjian yang unggul

Pengorbanan yang terbaik:

Ibr 9:1-10Keterbatasan yang lama
Ibr 9:11-28Kesempurnaan yang baru
Ibr 10:1-18Tubuh Kristus
Ibr 10:19-39Imbauan dan peringatan

[5] KEHIDUPAN IMAN Ibr 11:1-13:17

Ibr 11:1-3Definisi iman
Ibr 11:4-22Dari Habel sampai Keluaran
Ibr 11:23-31Dari Mesir sampai Kanaan
Ibr 11:32-38Hakim-hakim, raja-raja dan nabi-nabi
Ibr 11:39-40Hari depan yang lebih baik
Ibr 12:1-2Contoh: lihat pada Yesus
Ibr 12:3-11Hidup sebagai keluarga Allah
Ibr 12:25-29Peringatan
Ibr 12:12-24Kekudusan: bukan suatu pilihan tambahan
Ibr 13:1-6Kekudusan dalam praktek
Ibr 13:7-17Kepemimpinan dan kemuridan

[6] KESIMPULAN Ibr 13:18-25

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #11: Klik ikon untuk membuka halaman ramah cetak. [SEMUA]
dibuat dalam 2.99 detik
dipersembahkan oleh YLSA